Langsung ke konten utama

Manfaat Menyusui Asi bagi ibu dan bayinya

Manfaat Menyusui Asi bagi ibu dan bayinya

Manfaat menyusui ASI bagi ibu dan bayi – ASI adalah minuman terbaik untuk bayi Anda, manfaat menyusui ASI sangat besar khasiat bagi bayi melebihi makanan bayi apapun yang ada dibumi ini.
Selain mengandung semua vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan bagi bayi pada enam bulan pertama, ASI juga mengandung zat pelawan penyakit yang melindungi bayi Anda dari penyakit.
Itulah salah satu alasan semua dokter merekomendasikan pemberian air susu ibu eksklusif selama enam bulan. Dan studi ilmiah telah menunjukkan bahwa manfaat menyusui juga sangat baik bagi Anda sebagai Ibu juga.
Berikut adalah beberapa manfaat menyususi ASI (air susu Ibu) bagi ibu dan bayi, yang Anda harus tahu.

Manfaat menyusui ASI bagi bayi

1. Melindungi bayi dari berbagai penyakit
Kolostrum, cairan pra-susu yang diproduksi ibu di tahap akhir kehamilan hingga beberapa hari pasca kelahiran, kaya akan senyawa imunoglobin A (IgA). Senyawa ini mampu membentuk lapisan pelindung di membran mukosa pada usus, hidung, dan tenggorokan bayi untuk melawan berbagai penyakit. IgA juga diproduksi secara spesifik sesuai respon tubuh ibu terhadap virus dan bakteri patogen tertentu sehingga sangat sesuai dengan kondisi bayi.
Ibu yang melahirkan secara prematur pun memproduksi ASI khusus yang cocok untuk sang bayi. Susu ini mengandung komposisi mirip dengan kolostrum yang dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya, terutama pada 1 bulan pertama setelah melahirkan.
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tingkat kejadian gangguan pernafasan bawah, virus perut, diare, infeksi telinga, dan meningitis lebih rendah pada bayi yang diberi ASI. Begitu pula dengan diabetes tipe 1, tipe 2, hipertensi, kolesterol tinggi, radang usus besar, dan kanker.
2. Melindungi bayi dari alergi dan asma
Lapisan pelindung yang dibentuk IgA juga bermanfaat untuk mencegah reaksi alergi pada bayi. Tanpa lapisan tersebut, peradangan dapat terbentuk dan melemahkan dinding usus. Akibatnya, protein yang tak tercerna dapat menimbulkan alergi dan masalah kesehatan lainnya.
Manfaat menyusui ASI juga lebih mudah dicerna oleh bayi dibandingkan susu formula karena mengandung enzim yang membantu proses pencernaan. Meski kandungan protein ASI lebih rendah daripada susu sapi, seluruh protein dalam ASI dapat dicerna oleh bayi. Sedangkan sekitar setengah protein dalam susu sapi akan terbuang dan berpotensi menimbulkan alergi. Bayi yang diberi susu formula pun berpotensi lebih tinggi untuk menderita alergi dan asma.
3. Mencegah gangguan penglihatan
Studi di Bangladesh mengungkap bahwa ASI sangat penting bagi perkembangan visual anak. Pemberian ASI eksklusif dapat melindungi anak usia pra sekolah dari rabun ayam. Pasalnya, ASI merupakan sumber utama vitamin A dalam 24 bulan kehidupan anak sehingga diperlukan untuk mengoptimalkan penglihatannya. ASI juga memiliki antibiotik alami yang dapat melawan infeksi mata.
4. Meningkatkan kecerdasan bayi
Banyak penelitian menunjukkan kaitan antara pemberian ASI dan perkembangan fungsi kognitif anak. Salah satunya, lebih dari 17 ribu bayi diikuti perkembangannya dari lahir hingga berusia 6,5 tahun. Bayi yang diberi ASI eksklusif dan masih disusui setelahnya memiliki peningkatan perkembangan kognitif yang lebih signifikan dilihat dari hasil tes IQ dan tes intelegensi lainnya.
Bayi prematur dengan berat badan sangat rendah yang segera disusui dengan ASI juga mengalami peningkatan perkembangan mental di usia 18 bulan dibandingkan bayi prematur lain. Hasil lebih tinggi mereka dapatkan dalam tes lanjutan di usia 30 bulan. Mereka pun cenderung lebih jarang masuk rumah sakit lagi karena infeksi pernafasan.
Ikatan emosional antara ibu dan bayi saat menyusui dianggap berkontribusi dalam meningkatkan kecerdasan otak tersebut. Namun kandungan asam lemak dalam ASI-lah yang diduga memainkan peranan terpenting.
5. Mencegah obesitas pada anak
Manfaat menyusui ASI dianggap sebagai salah satu cara yang tepat untuk mengurangi risiko obesitas saat anak berajak remaja dan dewasa. Diungkap oleh American Academy of Pediatric, efek paling kuat diperoleh anak yang mendapatkan ASI eksklusif. Semakin lama bayi disusui, semakin kuat efek tersebut.
Para ahli melakukan analisis dari 17 penelitian yang diterbitkan dalam “American Journal of Epidemiology” dan menyimpulkan beberapa alasan di balik kaitan ini. Pertama, bayi yang disusui memiliki pola makan lebih sehat karena rasa lapar mereka terpuaskan saat kecil.
Kedua, Manfaat menyusui ASI memiliki insulin lebih rendah yang dapat menstimulasi pembentukan lemak dibandingkan susu formula. ASI juga mengandung lebih banyak leptin, hormon yang diyakini dapat mengatur nafsu makan dan lemak. Berat badan bayi dengan susu formula pun cenderung meningkat lebih banyak di minggu pertamanya setelah dilahirkan dibandingkan bayi yang diberi ASI.
6. Menurunkan risiko sindrom kematian mendadak pada bayi
Sindrom kematian mendadak pada bayi (Inggris: SIDS) merupakan salah satu hal yang sangat ditakuti para orang tua. Berbagai penelitian dilakukan untuk menyelidiki sindrom yang umumnya menyerang bayi di bawah usia 1 tahun ini. Meski belum diketahui secara pasti penyebabnya, pusat Disease Control and Prevention America menyarankan pemberian ASI untuk menurunkan risiko SIDS.
Penelitian berskala besar di Jerman tahun 2009 lalu juga menyarankan hal yang sama. Para ahli mengatakan bahwa pemberian ASI, baik eksklusif maupun tidak, berkaitan dengan rendahnya kejadian SIDS. Mereka menyimpulkan bahwa manfaat menyusui ASI eksklusif di usia 1 bulan dapat menurunkan risiko SIDS hingga setengahnya. Sedangkan National Institute of Environmental Health Science mengatakan bahwa risiko kematian bayi yang diberi ASI di umur 28 hari – 1 tahun lebih rendah 20% daripada mereka yang tidak.

Manfaat Menyusui untuk Ibu

1. Menurunkan risiko stress dan depresi Ibu pasca melahirkan
Dari kajian yang dilakukan pada 9 ribu abstrak lebih, NIEHS menyimpulkan bahwa wanita yang tidak memberikan ASI atau berhenti menyusui lebih awal memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita depresi pasca melahirkan. Pasalnya, menyusui dapat merangsang pelepasan hormon prolaktin dan oksitosin yang berperan dalam relaksasi.

Manfaat menyusui ASI pada wanita yang menyusui memiliki kadar oksitosin sebesar 50%, sedangkan wanita yang memberikan susu formula hanya memiliki 8%. Tekanan darah mereka pun lebih rendah saat diajak berbicara tentang masalah pribadi yang membuat mereka tertekan. Oksitosin juga membantu pelepasan ASI dan kontraksi uterus sehingga risiko pendarahan pasca melahirkan lebih rendah.

2. Menurunkan risiko kanker
Penelitian menunjukkan manfaat menyusui ASI selama 4 hingga 12 bulan dapat menjadi Cara mencegah kanker payudara dan lainnya sebanyak 11%. Jumlah ini meningkat hingga 25% pada ibu yang menyusui selama 24 bulan. Belum diketahui faktor pasti dibalik perlindungan ini, namun diduga karena adanya perubahan struktural di jaringan payudara saat menyusui dan penekanan jumlah estrogen yang diproduksi tubuh oleh laktasi. Penekanan estrogen ini juga diperkirakan terkait dengan penurunan risiko kanker ovarium.
Bayi perempuan yang diberi susu formula pun memiliki risiko kanker payudara lebih besar saat mereka dewasa. Angkanya bahkan terpaut 25% dari bayi yang diberi ASI baik untuk kanker payudara premenopause maupun pasca menopause.

3. Membakar kalori lebih banyak
Manfaat menyusui ASI juga membantu ibu menurunkan berat badannya lebih cepat pasca melahirkan. Diperkirakan ada 500 kalori tambahan yang terbakar setiap harinya saat Anda menyusui. Ibu yang memberikan ASI baik eksklusif maupun tidak mengalami penurunan lingkar pinggul dan berat badan secara signifikan 1 bulan setelah melahirkan dibandingkan ibu yang hanya memberikan susu formula.

Anda pun tak perlu khawatir menyusui akan membuat payudara kendor. Karena banyak dokter bedah plastik sepakat bahwa faktor usia, gravitasi, genetik, berat badan, dan gaya hiduplah yang lebih berpengaruh dibandingkan menyusui.

4. Alat kontrasepsi alami
Manfaat menyusui ASI eksklusif bisa menjadi metode kontrasepsi alami selain sistem kalender. Namun sang ibu harus aktif menyusui selama setidaknya 1 jam sehari selama 6 bulan dan tidak memberikan makanan tambahan apapun. Jika masing-masing periode menyusui berlangsung selama 10 menit, maka ibu harus memberikan ASI sebanyak 6 kali sehari. Saat ibu sering menyusui, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon prolaktin. Hormon ini mampu menekan ovulasi sehingga dapat menunda masa subur.

Itulah beberapa manfaat menyusui bagi bayi dan ibu, kalau semua ibu dapat memberikan ASI kepada bayinya setelah satu jam bersalin, dapat menurunkan risiko bayi terkena penyakit dan menyelamatkan jutaan jiwa bayi yang baru lahir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ibu Hamil Minum Kopi? Berbahaya

Ibu Hamil Minum Kopi? Berbahaya!! - Bila seorang ibu hamil minum kopi, ini boleh atau berbahaya? Dari banyak pendapat secara umum, ibu hamil disarankan untuk tidak minum kopi. Tetapi kemudian ini mulai berkembang menjadi pertentangan dengan mengemukakan bukti-bukti kalau minum kopi dalam batas tertentu akan aman untuk seorang wanita yang sedang mengandung. Dengan paling banyak secangkir setiap hari, atau sebanyak 200 mg per hari, kopi masih aman untuk ibu hamil. Ini menurut sebuah penelitian oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology. Dan disebutkan juga, pada ibu hamil minum kopi lebih dari 200 mg tiap hari, akan beresiko dua kali lebih besar mengalami keguguran janin dalam kandungan dibandingkan dengan wanita sehat lain yang tidak minum kopi. Selain itu, selain beresiko keguguran kandungan, kafein yang berlebihan pada tiap harinya akan menyebabkan pembuluh darah mengerut. Dan ini kemungkinan akan menyebabkan aliran darah yang menuju ke plasenta jadi berkurang dan meng